NHW#7 : Menemukan Bakat Menjadi Bunda Produktif

Wah gak terasa sudah masuk NHW#7 yang artinya tinggal 3 minggu lagi perkuliahan di kelas matrikulasi ini. Udah sayang nih sama temen-temennya. Udah ketemuan pula, makin sayang kaaaan... Semoga nanti bisa lanjut bareng di kelas Bunsay ya kita teman-temaaaan...

Sudah Desni, kamu jangan kebanyakan melow, kerjain aja itu NHW nya 😂

Jadi di NHW#7 ini kami diminta untuk ikut pemetaan bakat. Saya ikut pemetaan bakat di www.temubakat.com. Setelah mencoba bahkan dua kali mencoba, hasilnya tetap sama.

Setelah muncul hasilnya kami diminta mencocokkan dengan pengalaman yang sudah ditulis di NHW 1-6. Alhamdulillah hasil tes saya cocok sekali. Semuanya "saya banget". Setelah tes ini saya jadi bersyukur karena saya sudah mengenal diri saya sendiri.


Kekuatan saya :
1. Arranger
Mereka yang memiliki bakat ini suka sekali mengatur penempatan dan penugasan orang.
Ini sepertinya pengalaman saya saat masih aktif di organisasi kampus. Sering jadi koordinator. Kalo kata teman-teman saya itu sifatnya "super korelis".


2. Commander
Mereka yang memiliki bakat ini berani menghadapi orang secara empat mata, keras kepala, berani mengambil alih tanggung jawab. 
Ini tuh saya banget. Saya berani japri, konfrontasi langsung dengan orang yang saya tidak sepakat dengannya. Ternyata ini bakat ya? Saya kira saya cuma orang yang ngeselin dan gak bisa basa-basi hihihi..


3. Communicator
Mereka yang memiliki bakat ini senang mengkomunikasikan sesuatu yang sederhana jadi menarik.
Iya kaaaan.. kenapa ada blog, kenapa ada youtube channel ya karena saya suka komunikasi hihi.. Alhamdulillah beberapa subscriber sering bilang "tutorialnya mudah, jadi pengen nyobain bikin juga".


4. Creator
Mereka ini banyak idenya, baik yang belum pernah ada maupun dari pikiran lateralnya.
Alhamdulillah sering dibilang kreatif. Walaupun saya pikir saya tuh gak kreatif-kreatif amat. Cuma orang yang banyak baca, banyak referensi, dan sering meng-ATM ide lain (amati tiru modifikasi).


5. Designer
Mereka ini selain punya sifat analitis juga banyak ide
Ini mungkin hasil dari banyak membaca dan banyak cari ide di pinterest hihi..


6. Interpreter
Sifat mereka selain analitis juga senang berkomunikasi

7. Journalist
Sifat mereka ini senang mengkomunikasikan idenya, suka mengumpulkan berbagai informasi atau teratur. 

Semua sifatnya saling mendukung dan menjelaskan sekali seperti apa diri saya.  Arranger dan commander saling mendukung pengalaman saya menjadi koordinator bidang humas di organisasi selama 4 tahun. Creator dan designer adalah bakat yang membuat feed sosial media saya penuh ide kreasi. Sedangkan communicator, interpreter dan journalist adalah bakat yang membuat saya mengubah feed sosial media menjadi tutorial di Youtube Channel.


Sedangkan kelemahan diri saya adalah
1. Administrator
Saya memang gak bisa nih rapi-rapi. Makanya ikutan seminar dari Gemar Rapi jadi motivasi sekali

2. Mediator
Nah karena saya tidak pandai basa-basi saya gak bisa jadi mediator, terlalu blak-blakan hihi

3. Operator
Operator ini indikasinya suka melayani, hmmm.. saya kayaknya gak seramah itu

4. Selector
Intuisi melihat sifat orang lain. Ini mungkin agak bertentangan dengan arranger yang suka menunjuk-nunjuk tapi saya benar-benar susah percaya orang lain.

5. Treasury
Wah ini sifat untuk penata keuangan, saya gak ada dibarisan ini hihihi..


Nah sekarang waktunya memasukkan semua aktivitas menjadi empat kuadran SUKA - BISA. Mari kita lihat apa yang terjadi.

Hal yang saya suka dan saya bisa ingin saya pertahankan. Hal yang saya suka tapi tidak bisa inginnya bisa saya pelajari di waktu khusus. Hal yang bisa tapi saya tidak suka inginya bisa didelegasikan seperti menyetrika, membereskan rumah, dan mencuci piring. Tapi mengatur keuangan harus tetap saya lakukan karena demi kebaikan keluarga kami. Sedangkan jualan online saya rasanya ingin menyerah saja 😅 Belum ada feelnya di sana.  Nah untuk hal yang saya tidak suka dan tidak bisa akan saya tinggalkan. Alhamdulillah memang jarang nongkrong gak penting. Cuma sesekali bertemu teman dan ditemani juga oleh suami dan anak-anak.

Alhamdulillah selesai NHW #7 nya. Semoga bermanfaat. Jika teman-teman ingin tes bakat juga bisa langsung ke web www.temubakat.com

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini