8 Padu Padan Rok Wanita Berhijab untuk Berbagai Acara

Beberapa bulan ini saya merasa bosan dengan gaya berpakaian saya. Saya selalu menggunakan gamis atau dress panjang dipadukan dengan jilbab berwarna senada. Yang membedakan baju-baju saya hanya warna dan motif. Gayanya sebenarnya monoton itu-itu saja. Saya ingin sedikit tampil beda. Karena tak lama lagi saya akan meninggalkan usia 20 tahunan dan masuk ke usia kepala tiga. Saya ingin ganti style agar agak samar usianya hihihi….



Maka mulailah saya mencari inspirasi. Saya mulai melihat-lihat akun instagram para selebgram hijab. Siapa tau ada style hijabers yang bisa saya tiru. Ada beberapa hal yang menjadi fokus style saya sejak dulu dan saya tidak mau mengubahnya. Ibaratnya style ini adalah signature style saya. Saya sudah belasan tahun memakai rok wanita jadi saya sangat tidak nyaman jika tidak memakai rok. Hijab saya harus menutup dada dan pakaiannya tidak membentuk tubuh.


Nah dengan syarat-syarat ini akhirnya saya menemukan beberapa ide padu padan rok wanita.

Rok Batik untuk Acara Formal


Wah saya baru ngeh, bahkan kondangan pun saya tetap pakai gamis. Bedanya dengan gamis sehari-hari hanya pada motif gamisnya atau brukat pada bagian dada dan lengan gamisnya.


Maka inilah pilihan style baru saya untuk menghadiri acara formal seperti undangan pernikahan. Rok batik dengan potongan A line seperti ini kurang cocok jika dipadukan dengan kebaya. Karena kebaya lebih cocok dipadukan dengan rok batik yang lurus atau rok pensil.  Oleh karena itu saya memilih paduan blouse satin polos dengan aksen tali di lengannya sebagai atasan.


Dengan rok batik yang berwarna-warni seperti ini, bebas saja memilih warna blouse. Bisa blouse merah, hijau, biru, orange dan putih. Saya sengaja memilih hitam untuk memberikan kesan misterius dan elegan. Kesan elegan juga bisa dilihat bahan blouse yang berupa satin. Untuk hijabnya sendiri saya memilih menyamakan warna hijab dengan baju atasan bukan dengan rok agar memberi kesan kalem. Pemilihan sandal high heels berwarna emas bertujuan untuk menyamai warna ujung rok batik. Agar kostumnya tidak terlalu datar, serba hitam.
Masih dengan rok batik. Inilah pilihan style kedua saya untuk acara formal.

Saya memilih rok batik dengan pola pensil  dan atasan batwing polos. Hijab yang saya pilih kali ini juga mengikuti warna baju atasan. Hanya saja saya memilih hijab dengan sedikit pola agar terlihat lebih fress. Karena bajunya super polos maka penting rasanya memberikan aksen kalung etnik pada style kali ini.


Rok Span dan Outer
Acara formal lainnya adalah acara formal non-adat seperti seminar, pelatihan, ke kantor dll. Untuk acara seperti ini, inilah style yang saya pilih.

Pemilihan warna rok kali ini ditujukan agar warnanya lebih netral. Potongan rok yang lurus juga dapat memberikan kesan dewasa pada style ini. Sedangkan baju atasan dipilih berwarna biru dengan outer tanpa lengan berwarna putih gading. Warna biru memberi warna baru pada baju bekerja yang biasanya didominasi warna putih terang. Pakailah jam tangan silver dan heels hitam polos untuk memberi kesan tegas dan serius.


Style ke empat ini sedikit lebih berani. Pemilihan rok lipit dikarenakan rok lipit sedang jadi tren! Rasanya semua selebgram hijab yang saya lihat punya rok ini. Sengaja memilih warna hijau agar lebih fresh. Semakin fresh dengan hijab motif yang disesuaikan dengan warna roknya. Sebenarnya style ini lebih sedikit kasual dibanding gaya sebelumnya jadi bisa juga dipakai untuk kopdar komunitas, arisan, gaul sesama ibu-ibu dll. Aaaaaaah… umur gak bisa bohong haha..


Rok jeans untuk gaya kasual


Pemilihan rok jeans pada style ini memberikan kesan energik dan muda. Baju kaos dengan motif garis-garis dan sneaker putih semakin memperkuat kesan tersebut. Agar lebih kuat lagi kesannya, jangan ragu menggunakan tas pinggang.


Rok Pensil dan Hoodie
Terinspirasi dari Nissa Sabyan yang selalu trendi, style kali ini memilih rok pensil dan hoodie agar memberi kesan sporty dan bersemangat.  Agar semakin sporty, pilih tas gendong mini berwarna netral seperti hitam dan sepatu sneaker sebagai pelengkapnya.


Rok overall kasual yang manis

Overall lagi digandrungi kembali. Berbeda dengan overall jaman dulu, sekarang rok overall sudah memiliki banyak pilihan bahan dan warna. Agar tampak manis pilihlah warna pastel. Gunakan baju atasan kaos untuk memberikan kesan santai dan ramah. Pilih juga hijab dan aksesoris dengan warna yang senada dengan rok overallnya.


Rok Tutu dan Jaket Denim


Rok tutu kembali menjadi tren. Biasanya rok tutu dipadukan dengan kaos atau blus. Saya memilih memadukan rok tutu dengan jaket denim untuk memberi kesan manis dan berkarakter. Gunakan kemeja atau kaos di dalam jaket untuk berjaga-jaga kalau-kalau terlalu panas jika memakai jaket.


Jadi dari delapan style di atas manakah style yang “aku banget” buat kamu? Atau ada yang tertarik ganti style trus jadi pengen pakai rok panjang juga?

Btw kalau ada yang penasaran pakaian mix and match di atas bisa di dapat dimana, ini semua gambar dari website e-commerce Mataharimall. Dicomot suka-suka sekalian cuci mata lihat-lihat koleksi rok wanita super lengkapnya. Cussss..

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini