8 Tips Mengatasi Masalah Rambut ala desniutami.com

Sebagai negara tropis yang dilewati garis khatulistiwa, panas dan teriknya matahari sudah jadi makanan sehari-hari bagi penduduk Indonesia. Paduan paparan sinar matahari berlebihan serta gaya hidup modern seperti mencatok rambut, mewarnai, menggunakan pengering rambut secara intens, juga polusi udara menyebabkan kita rentan terkena lima permasalahan rambut ini.



1. Rambut Kering
Rambut kering sering terjadi akibat kebiasaan mengeringkan rambut dengan hair dryer dan mencatok rambut. Penggunaan alat-alat hair styling secara tidak langsung akan membuat rambut menjadi kehilangan kelembabannya. Rambut yang kering juga akan menjadi penyebab munculnya masalah lain pada rambut seperti rambut menjadi rapuh. 

2. Rambut Rontok
Ini merupakan masalah yang sangat umum terjadi. Kondisi rambut rontok ini dapat terjadi pada siapa saja. Rambut rontok bisa terjadi karena berbagai penyebab salah satunya adalah karena penggunaan shampoo yang salah. Jika masalah rambut rontok ini tidak segera diatasi maka bisa menyebabkan rambut Anda menjadi terus rontok dan kelamaan kepala jadi botak. 

3. Rambut Kusut
Siapa tidak stress menghadapi rambut kusut setiap hari? Rambut kusut bisa terjadi  karena banyak hal salah satunya karena malas keramas. Kalau rambut sudah kusut maka rambut akan sulit untuk dirapikan dan dibentuk dengan menggunakan alat hair styling di rumah. Rambut yang kusut juga menurunkan rasa percaya diri kita jadi harus segera diatasi dengan cara yang tepat 

4. Kulit Kepala Kotor
Masalah berikutnya terjadi di bagian kulit kepala. Seringkali karena aktivitas yang padat  tanpa sadar kita berhadapan dengan polusi. Polusi inilah yang kemudian bisa membuat rambut dan kulit kepala mudah kotor. Jika tidak dibersihkan secara teratur, kotoran di kulit kepala ini bisa menyebabkan munculnya beragam jenis masalah lain pada rambut. 

5. Rambut Kusam
Kekurangan nutrisi bisa membuat rambut menjadi kusam. Rambut yang kusam tentu saja akan mempengaruhi penampilan. Untuk mengatasi rambut kusam ini dibutuhkan perawatan rambut yang tepat salah satunya bisa dimulai dengan memilih shampoo yang tepat untuk mengusir kekusaman. 

8 tips mengatasi masalah rambut ala desniutami.com

1. Makan makanan yang sehat
Cara paling dasar merawat tubuh termasuk rambut adalah perawatan dari dalam. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat. Perbanyak sayur dan buah juga konsumsi air putih. 

2. Keramas dengan teratur
Cucilah rambut sesuai kebutuhan rambutmu. Karena setiap orang berbeda kebutuhan rambutnya jadi tidak bisa dipatok harus dua hari sekali atau setiap hari cuci rambut. Namun jangan pula terlalu sering atau terlalu jarang cuci rambut. Terlalu sering mencuci rambut akan merusak lapisan alami rambut dan kulit kepala. Terlalu jarang mencuci rambut akan membuat rambut kusam dan kulit kepala kotor dan kering.

3. Keramas dengan air dingin
Keramas dengan air dingin (air suhu ruang) dapat mencegah kerontokan rambut, kulit kering dan ketombe. Selain itu air dingin juga membantu melancarkan peredaran darah, menguatkan akar rambut dan menjaga kilau alami rambut. 

4. Gunakan juga conditioner
Selain menggunakan shampoo, gunakan juga conditioner yang membantu agar rambut lebih lembut dan tidak kusut. 

5. Rutin menggunakan masker rambut
Tidak harus mahal, masker rambut juga bisa dibuat sendiri lho dengan bahan yang mudah didapat seperti yoghurt, madu, alpukat, lidah buaya, dll. Rutin menggunakan masker rambut minimal sebulan sekali dapat membantu menutrisi rambut dari luar. 

6. Bungkus rambut dengan handuk
Hindari mengeringkan rambut dengan cara menggosok-gosok rambut dengan handuk. Lebih baik membungkus rambut dengan handuk lalu angina-anginkan. Kurangi juga penggunaan hair dryer karena panas dari hair dryer dapat membuat rambut jadi super kering. 

7. Sisir rambut dengan benar
Jangan menyisir rambut saat rambut masih basah. Sisirlah rambut dimulai dari ujung rambut. Kemudian setelah bagian ujung rambut selesai disisir baru kemudian mulai lagi dari akar rambut. Cara menyisir ini mencegah rambut patah dan rontok karena kusut.

8. Gunakan shampoo yang sesuai dengan kebutuhan rambut
Tiap orang punya kebutuhan perawatan rambut yang berbeda. Untuk itulah kamu harus mengenal rambutmu dengan baik. Jika kamu telah melakukan langkah pencegahan seperti yang telah dituliskan di atas namun rambutmu masih bermasalah, mungkin kamu perlu mempertimbangkan mengganti produk perawatan rambutmu. 

Kamu bisa mencoba varian shampoo yang direkomendasikan beauty influencer yang sesuai dengan kondisi rambut dan juga budgetmu.


Shampoo Kuda

Shampoo kuda
sumber gambar : bukalapak

Nah kalau aku sendiri seperti yang pernah aku tuliskan di blog ini sebelumnya, salah satu shampoo yang aku suka dan cocok buat rambutku adalah shampoo kuda. Tau gak sebenarnya shampoo kuda didesain khusus untuk kuda namun ternyata produk shampoo kuda ini juga dapat digunakan oleh manusia. Hal ini disebabkan rambut manusia dan rambut kuda memiliki kesamaan yaitu pada protein pembentuk rambutnya sehingga aman-aman saja jika manusia ingin memakai shampoo kuda. 


Dulu setelah melahirkan anak kedua, kondisi rambutku rontok parah. Setelah beberapa kali ganti shampoo akhirnya aku mencoba shampoo kuda yang hits banget ini. Sejak itulah rambut rontokku mulai teratasi. Rambut kembali sehat dan aku gak stress lagi tiap sisiran. Selain efeknya yang bikin masalah rambut sirna, yang membuatku merasa shampoo kuda ini istimewa adalah wanginya yang enak. Ada samar aroma yang mirip coconut oil dan aku suka sih aroma ini. Aroma ini relaxing buat aku. Aroma yang samar gak begitu kuat dan sama sekali gak ganggu.

Harga shampoo ini jika beli di super market biasanya berkisar Rp.160.000,- hingga Rp.180.000,- Relatif mahal ya? Saya dulu suka beli langsung di toko dari pada online karena masih takut shampoonya palsu. Namun sekarang kalau mau beli shampoo kuda saya akan memilih online di Bukalapak. Selain harganya lebih murah, belanja di Bukalapak nyaman, aman dan juga terpercaya. 

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini