My Acne Stories (4) : Skincare dari Klinik Kecantikan dan Masalah Ketergantungan

Baca dulu tiga cerita ini ya
Part 1 : Bruntusan karena aloe vera gel
Part 2 : Gelap mata belanja skin care dan jerawat makin parah
Part 3 : Perawatan di Flower Beauty Clinic Pekanbaru


Sebenaranya di Pekanbaru sudah ada cabang dari dua klinik kecantikan super ternama di Indonesia (sebut saja N*tasha dan Erh*) tapi aku lebih memilih perawatan di Flower Beauty Clinic. Kenapa? Awalnya karena aku sudah sering mendengar track record kedua klinik ini, konon katanya skin care dari klinik ini (selanjutnya kita sebut dengan krim dokter) sangat "kuat" dan hasilnya bikin kulit kelihatan putih mengkilap khas banget ibu-ibu dengan krim dokter. Aku gak mau itu. Kedua karena harganya yang relatif lebih mahal buat kelas menengah macam ogut ini. Aku belum pernah buktiin sih tapi dulu waktu kuliah pernah perawatan di LBC yang sodaraan harganya sama dua klinik tadi. Dan emang relatif mahal yak sekali perawatan bisa seyuta lebih. Jadi aku pilih klinik kecantikan lokal Pekanbaru punya.


Perawatan di Flower Beauty Clinic ini bisa dibilang relatif terjangkau ya. Dari lima kali kunjungan (sejak akhir april hingga awal juni 2018) biaya paling murah datang ke klinik ini sekitar Rp.350.000,- sekedar facial dan beli krim-kriman. Paling mahal sekitar Rp.900.00,- karena treatment dermal infusion (sejenis facial juga tapi lebih intens) dan krim-krim lagi. Kok sering amat ke kliniknya? Iya dalam sebulan bisa 3x ke klinik buat sekedar kontrol atau perawatan. Tapi gak tiap ke klinik dikasih krim kok. Dokternya juga tau kali ya kalo krimnya belum abis hehe..

Apa aja sih skin care yang aku dapat dari perawatan di Flower Beauty Clinic ini?

1. Setiap habis peeling diberi cream anti iritasi (di foto di atas gak ada karena udah habis)

2. Facial wash
Sebenernya aku kemaren gak kepengen pake facial washnya. Tapi menurut dokternya, facial wash yang aku pake (hada labo) gak dianjurkan karena mengandung pemutih. Karena males mendebat soal hyaluronic acid dan ilmuku pun mungkin jauh dibanding dokternya jadi aku manut aja 😀

Facial wash ini mengandung tea tree, jelas banget soalnya aromanya persis facial wash the body shop yang tea tree. Wangi khas minyak kayu putih 😆. Bedanya kalo facial wash tea tree nya the body shop ada efek dinginnya, nah ini gak ada sih. Untuk aroma ini aku suka-suka aja sih ya.

Yang aku gak suka dari facial wash ini adalah efek kering dan ketarik banget setelah cuci muka. Duh udah lama gak ngerasain efek ini. Karena biasanya pakai sabun cuci muka yang masuk kategori gentle (wardah dan hada labo). Jadi aku lumayan kaget pas ngerasain efek ketarik ini. Efek ketarik ini hilang saat aku siasati pemakaian facial wash ini dibarengi dengan menggunakan konjac sponge. Aku pakai konjac sponge dari o'life varian lemon.
konjac sponge o'life varian lemon (sumber gambar : o'life organic)

Kok bisa ke-ide pake konjac sponge? Namanya orang lagi putus asa sama jerawat apa aja mau dicoba kalo bisa ngilangin jerawat. Beli konjac sponge ini sejak sebelum perawatan ke klinik. Tapi baru dipake setelah perawatan di klinik. Aku gak tau hubungannya apa tapi yang jelas setelah cuci muka dengan bantuan konjac sponge efek ketarik dari facial wash klinik ini hilang dan kulit berasa lebih bersih aja.

Oh iya kalau mau coba konjac sponge o'life ini harganya Rp.55.000,- bisa dibeli di guardian, century, borma dll.


3. Krim siang
Selama pakai krim siang ini aku gak pernah pakai make up berat. Paling banter pakai bb cream aja. Dan aku bener-bener stop penggunaan skin care lain. Cuma pakai krim ini aja. Di wajahku yang cenderung kering ini krim ini gak bikin mukaku tampak berminyak.

4. Krim malam
Krim malamnya juga sama, gak bikin wajahku berminyak pas bangun tidur. Normal aja minyak di sekitar t-zone dan gak berlebih.

5. Sunblock
Seperti yang aku bilang di atas, aku bener-bener gak pake skin care lain selain dari klinik ini. Jadi sunblock pun aku ganti dari skin aqua jadi sunblock klinik. Biar apa? Biar kalo masih jerawatan mudah mengidentifikasi di mana produk yang gak cocok untukku.

6. Serum
Serum ini baru dikasih ke aku di pertemuan ke lima. Karena pertemuan ke lima ini jerawatku bener-bener udah hilang tinggal bekas jerawat aja yang hitam kelam. Jadi dokter meresepkan ini untuk mempercepat hilangnya bekas jerawat. Serum ini rasanya periiiiih.. Kadang perihnya standar, tapi ada kalanya pas pake ini wajahku rasanya cekat-cekot. Nyut-nyutan. Tapi nyut-nyutan ini gak bertahan lama, paling lama mungkin sekitar 10 menitan lalu gak berasa apa-apa. Dan serum ini ngefek banget sih walau gak cepet banget tapi berasa lah dalam satu bulan perubahannya.


Suamiku bilang wajahku setelah perawatan di sini jadi lebih baik. Jerawat hilang dan bekas jerawat mulai pudar tapiiiiii juga mulai kelihatan putih mengkilap kayak ibu-ibu perawatan krim dokter 😓😪😂. Akhir juni krim-krimku udah mulai habis. Tapi aku masih di Palembang, mudik lebarannya berkepanjangan. Alhasil ada kali seminggu aku gak pake apa-apa selain cuci muka dan serumnya. Gak ada krim-kriman. Alhamdulillah juga selama gak pake apa-apa ini mukaku baik-baik aja. Gak memerah, gak jerawatan juga. Aman.

Kita bahas dikit yuk soal wacana "krim dokter bikin ketergantungan". Menurutku ada beberapa penyebab yang bikin krim dokter tampak seperti bikin ketergantungan. Tiga di antaranya :

1. Krim dokternya mengandung merkuri
Yang kita bicarakan saat ini adalah krim dokter abal-abal. Bukan yang ada di klinik kecantikan resmi yang punya BPOM. Krim dokter abal-abal ini yang gak ketemu dokternya tapi krimnya dijual di instagram. Krim-krim dokter inilah yang biasanya mengandung merkuri. Coba baca deh efek samping krim bermerkuri. Biasanya efeknya cepat terasa. Kulit cepat putih, besih tapi sekali gak dipakai krimnya langsung kacau balau wajahnya. Atau saat terkena sinar matahari wajah jadi berasa perih. Jelas krim ini bikin ketagihan.

2. Setelah lepas krim dokter, wajahnya gak dirawat sama sekali
Nah ini yang biasanya terjadi. Setelah wajah bersih habis perawatan di klinik kecantikan, lalu merasa puas. Udah deh berharap gak mau ketergantungan akhirnya gak pakai apa-apa, wajahnya gak dirawat lagi. Gak dibersihkan, gak dihidrasi dengan pelembab, gak dilindungi dengan sunblock ya wajar wajahnya jadi rusak lagi. Kasus ini sering dianggap wajah mengalami ketergantungan dengan krim dokter padahal masalah ini sederhana, wajahnya gak dirawat lagi.

3. Ganti Krim Dokter Secara Ekstrim
Tiba-tiba gak pakai apa-apa lagi produk klinik kecantikan dan ganti ke skin care yang biasa di jual di pasaran (drug store). Wah ini wajah mungkin kaget lalu ada reaksi alergi atau gak cocok dengan skin care baru sehingga wajah jadi tumbuh jerawat atau bruntusan.


Balik lagi ke cerita krim dokter yang habis. Pas bangeeeeet pas lagi abis-abisnya krim dokter, beauty guru kesayangan, Suhay Salim upload skin care favoritnya lagi. Dan aku gak ada kapok-kapoknya lagi teracuni olehnya. Hasilnya? Aku stop pakai krim dokter dan nyobain lagi skin care baru heuuuuuh...

Gimana hasil coba-coba skin care baru ini? Apa skin care yang akhirnya aku coba? Apakah balik lagi jerawatan atau tambah bersih? Tunggu updatenya ya 😉

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini